Selasa, 21 Oktober 2014

Penelitian : Lalat Bisa Sembuhkan Penyakit Manusia

pemanfaatan lalat dalam penyembuhan penyakit manusia dimasa depan, penelitian lalat sebagai media penyembuhan

Pernahkah Anda berpikir metabolisme apa yang dimiliki lalat sampai mereka bisa hidup di tempat jorok dan mengandung banyak penyakit? Pertanyaan inilah yang membuat Seorang peneliti sekaligus ahli serangga dr Jeff Scott dan rekan-rekannya dari Cornell University di New York mencari jawabannya.

Setelah sebelumnya lalat di manfaatkan dalam proses mengurai sampah oleh penelitian Sekelompok peneliti Universitas Alicante, Spanyol yang mengadakan proyek penelitian yang membuktikan larva lalat dapat mengurai tinja hewan dan manusia. Waktu itu, penelitian dipimpin oleh Profesor Santos Rojo dan bekerja sama dengan perusahaan Flysoil SL, mereka bersama-sama mengembangbiakkan lalat Hermetia illucens untuk industri.

Kali ini, Hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Genome Biology ini engungkapkan tentang genom lalat yang bermanfaat bagi manusia. Seperti yang dilansir BBC, para peneliti tersebut mengadakan penelitian terhadap genom lalat dengan membandingkan genom lalat rumah (Musca domestica) dengan lalat buah (Drosophila melanogaster). Dan hasilnya, lalat rumah memiliki sistem imunitas yang lebih baik daripada lalat buah, yang menyebabkan mereka kebal dari penyakit meski hidup di tempat kotor dan jorok.

Meski sering menjadi tersangka utama dalam penyebaran penyakit, namun menurut Prof David Conway dari London School of Hygene & Tropical Medicine mengatakan bahwa lalat rumah bisa dijadikan sebagai kunci untuk pengobatan penyakit manusia di masa depan. "Banyak lagi penelitian tentang lalat yang sangat penting untuk manusia. Dengan meneliti penyebab penyakit, maka diharapkan akan ada penelitian lanjutan yang menggunakan hasil penelitian ini untuk membuat obat berdasarkan genom dan antibodi lalat tersebut," ujar Prof Conway.

Sumber: Viva forum dan Vasaka Blog

Tidak ada komentar :

Posting Komentar